Risma Bocorkan Strategi Ubah Citra Surabaya ke Ribuan Mahasiswa

27 Agustus 2015

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memberikan kuliah perdana bagi mahasiswa baru program pascasarjana Universitas Gadjah Mada. Di depan 3.000 mahasiswa baru, Risma banyak menceritakan pengalamannya mengubah pandangan masyarakat terhadap Kota Surabaya. Salah satunya mengenai usahanya membuat Surabaya menjadi kota cerdas.

Kota Surabaya sendiri baru saja mendapat perhargaan kota tercerdas se-Indonesia dengan penduduk di atas 1 juta dalam ajang Anugerah Kota Cerdas 2015.

Risma mengubah hampir semua sistem di Surabaya menjadi sistem berbasis online. "Di Surabaya kalau mau berobat ke rumah sakit tidak perlu menunggu lama di rumah sakitnya. Ada alat semacam ATM yang mempermudah pasien mendaftar. Setelah mendaftar, pasien akan menerima kertas yang berisi tempat dan jam pemeriksaan. Jadi, pasien tahu kapan harus ke rumah sakit," kata Risma, di UGM, Selasa (25/8/2015).

Selain itu, lanjutnya, resep pasien pun dituliskan di tablet (sabak digital) sehingga pasien dengan mudah mencari ke apotek tanpa membawa kertas resep. "Dokter di sana bawa tablet. Nulis resep di tablet. Saya sediakan koneksi internet di seluruh rumah sakit dan puskesmas supaya mereka bisa terhubung ke internet dengan pasien," kata politikus PDIP ini.

Untuk bisa mencerdaskan masyarakatnya, ia mewajibkan rusun yang dibangun untuk menyiapakan PAUD, pusat pembelajaran, dan puskesmas pembantu. Selain itu, semua sistem pemerintahan sudah terkoneksi internet.

"Saya komunikasi dengan camat, lurah dan kepala dinas pakai (aplikasi) Line. Di situ ada grup-grup sendiri. Saya sering dapat laporan di situ. Misalnya kalau ada jalan rusak, saya langsung forward fotonya ke kepala Dinas PU untuk diperbaiki," tukas wanita kelahiran Surabaya, 20 November 1961 ini.

Dirinya juga membangun intelegent transport system (ITS) untuk mengontrol dan mengecek transportasi di Surabaya. "Ada seribuan CCTV yang tersebar di Surabaya. CCTV ini terhubung ke dalam sistem yang bisa diakses secara online. Dengan sistem ini saya tetap bisa memantau lalu lintas Surabaya dari mana pun," katanya.

Menurutnya, semua itu dilakukan agar citra Kota Surabaya yang kumuh dan kotor, berubah.

"Saya ingin agar image Surabaya menjadi kota yang tidak terlalu keras. Saya utarakan ke warga, percuma fasilitas dan transportasi dibangun tapi kalau masyarakatnya tidak cerdas. Padahal, sebentar lagi kita mau menghadapi MEA (masyarakat ekonomi Asean)," kata perempuan yang menjabat wali kota Surabaya sejak 2010 itu.
UWA




Baca juga
5 Agustus 2019
Pasar Properti Surabaya Tak Pernah Surut
SURABAYA, KOMPAS.com - Sebagai kota kedua terbesar di Indonesia, Surabaya menjadi patokan sebuah standar penilaian bisnis dan investasi setelah Jakarta. Termasuk untuk sektor properti. Kendati bisnis dan investasi properti secara umum dipandang masih melambat, namun Kota Pahlawan ini menunjukkan kelasnya sebagai pasar yang tak pernah surut. Pertumbuhan ekonominya menyentuh angka 7 persen, meningkat dibanding tahun 2015 yang menyentuh angka 5,8 persen. Ini artinya, pertumbuhan ekonomi Surabaya berada di atas Jawa Timur, dan Nasional. Demikian halnya dengan kesejahteraan penduduk yang menurut data Susenas Biro Pusat Statistik (BPS) meningkat pesat. Jika pada 2010 kelompok bawah berjumlah 34,35 persen, tahun 2016 menjadi hanya 8,06 persen. Sementara angka consuming class melonjak menjadi 41,29 persen dari sebelumnya hanya 13 persen dari total populasi Surabaya 3,057 juta jiwa. Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pasar Properti Surabaya Tak Pernah Surut", https://properti.kompas.com/read/2018/11/17/083400921/pasar-properti-surabaya-tak-pernah-surut?page=all. Penulis : Hilda B Alexander Editor : Hilda B Alexander

1 September 2016
Begini Cara Mengusir Energi Negatif di Rumah!
RumahCom - Tanpa Anda sadari energi negatif di dalam rumah yang biasanya berasal dari ruangan yang kelam atau kurang bersih memberikan efek yang negatif juga bagi Anda. Anda akan merasa tak nyaman, kurang bersemangat, dan seakan kondisi rumah sangat gloomy.

21 September 2015
7 RAHASIA AGAR RUMAH ANDA CEPAT TERJUAL
Mari kita uraikan sebuah cara terbaik menjual rumah agar cepat laku, selalu ada cara selama kita masih mau berkreasi dan mencoba-coba sehingga menemukan langkah terbaik, begitu juga dalam bidang jual beli rumah entah itu menjual aset pribadi maupun yang fokus menjadi agen broker dibidang properti.

24 Agustus 2015
BI: Harga Rumah Kecil Naik Lebih Tinggi Dibandingkan Rumah Besar
JAKARTA, jktproperty.com - Kenaikan harga rumah tipe kecil lebih tinggi dibandingkan kenaikan harga rumah tipe menengah dan tipe besar, demikian hasil survei yang dilakukan Bank Indonesia yang dilansir pekan ini.

18 Agustus 2015
Lokasi Disetujui, Pemkot Surabaya Kebut Proyek Jalan Lingkar Luar
Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya akan segera menggarap proyek pembangunan jalan lingkar luar timur (JLLT) dan jalan lingkar luar barat (JLLB) menyusul disepakatinya penetapan lokasi (penlok) pembebasan lahan oleh Pemprov Jawa Timur.

18 Agustus 2015
Pengembang Surabaya Siap Ikut Bangun Jalan Lingkar
Bisnis.com, SURABAYA - Rencana Pemerintah Kota Surabaya untuk membangun Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) dan Jalan Lingkar Luar Timur (JLLT) telah direspon oleh sejumlah pengembang di Surabaya.

Customer Services

  • Rudy Sugianto
    #ymid01

Tentang Kami

XMarks  adalah solusi yang tepat bagi anda yang sedang mencari rumah, apartemen, ruko maupun tanah untuk  tempat tinggal anda maupun untuk usaha anda, dengan membeli ataupun sewa.  Kami di XMarks juga siap untuk menjualkan atau menyewakan properti anda. Melalui XMarks, properti anda akan terjual dengan harga yang pantas dalam waktu lebih singkat, karena di XMarks, ada lebih dari 1000 Marketing Associate, yang bekerja bersama-sama memasarkan properti anda. Terima kasih atas kunjungan anda di   www.xaviermarksgallery.com